SMK PELAYARAN TERBAIK TINGKAT SUMATRA

SMK PelayaranSekolah Menengah Kejuruan Pelayaran adalah sekolah yang dulunya dikenal dengan SPM YAPPI Pekanbaru. Sekolah ini terletak di Jalan Kamboja, Sukajadi Pekanbaru. Sekolah ini bernaung di Yayasan Pembangunan Pendidikan Islam Pekanbaru. Berdirinya Yayasan ini berbekal ide cemerlang dari Hj.Rusma J.Saragih.BA. Beliau adalah mantan anggota MPR/RI tahun 1992.

Sekolah menengah kejuruan Pelayaran YAPPI ini dibangun dengan konsep keunggulan dan memiliki kemampuan dibidang Ilmu Pelayaran yang mampu bersaing didunia Pelayaran, mengedepankan kualitas, skill dan mutu dari masa kemasa. Dengan visi Mewujudkan Budaya Pendidikan dalam upaya peningkatan pengetahuan, yang berkualitas tepat guna dan mampu menghadapi tantangan global.


Sekolah yang terdiri dari 3 Lantai dari 12 Kelas iniberdiri diatas tanah dengan dengan luas area 3000 M2 dan luas gedung 1200 m2. Adapun proses Kegiatan Belajar mengajar, berlansung dari pukul 07.30 s/d 13.45.

Adapun misi Sekolah menengah kejuruan Pelayaran YAPPI ini adalah , Berbudi luhur, Berbudaya, Produktif dan mampu beradaptasi untuk mewujudkan iklim kerja yang sehat sesuai dengan perkembangan teknologi Modern, Mengembangkan manajemen sekolah yang mengaju pada ISO 9001-2000, mandiri serta tanggung jawab, menambah fasilitas dan sarana diklat, meningkatkan prakerin dan kerjasama dengan industri dalam dan luar negri, meningkatkan penguasaan komputer dan mampu berkomunikasi berbahasa inggris serta mengembangkan unit produksi.

Serta tujuan dibangunnya yayasan ini, ”Meningkatkan kualitas pelayanan, meningkatkan kualitas guru dan meningkatkan kalitas tamatan” Dimana konsep pada misi sekolah ini mempersiapkan tenaga ahli dibidang pelayaran, serta siap pakai didunia industri.

Sejak berdirinya sekolah ini pada tahun 1993, sekitar 1000 siswa lulusan SMK Pelayaran ini, mampu menembus kemiliteran Perguruan Tinggi, dan saat ini juga sudah ada yang bekerja diperusahaan yang ada di indonesia maupun luar negri.

Sekolah menengah kejuruan Pelayaran YAPPI dikepalai oleh Bapak Johnny Rizanto Saragih, S.sos, MBA, M.Si. Sekolah Pelayaran pertama di Pekanbaru ini juga bekerja sama dengan dinas perhubungan laut, perusahaan pelayaran. Tenaga pengajar SMK YAPPI ini juga tamatan dari Perguruan Tinggi Pelayaran Serta Universitas Terkemuka di Indonesia.

Untuk menggali bakat taruna/i dibidangnya, SMK yang telah banyak mendapatkan piagam penghargaani ini, juga mempunyai ekstrakurikuler diantaranya PBB ,PASSUS, Batalyon, Pramuka, Olahraga dan lain-lain. Fasilitas yang tersedia yaitu, Laboratorium Komputer, Nautika dan Teknika. Taruna/i Sekolah menengah kejuruan Pelayaran YAPPI juga banyak menjuarai perlombaan, baik tingkat kota dan provinsi.

Mengedepankan keutamaan skill kepada siswa, terbentuklah jurusan Nautika, Teknika, Mekanik Automotive dan Teknik Informatika ( Menyusul )
[Narasi dan Foto : Ridwan CCMD ]

Copyright @ 2007 - 2012 PekanbaruRiau.Com , All Rights Reserved - www.tintasejarah.com | www.tintabiografi.com