Arsitektur Bangunan Megah, Bersejarah Riau

Arsitektur Bangunan Megah, Bersejarah Riau

Bangunan - Bangunan Megah dan Bernilai Sejarah di Riau

Riau memiliki potensi besar di bidang arsitektur. Sejak zaman dahulu gaya arsitektur bangunan di Riau kuat dipengaruhi oleh corak Hindu-Budha. Belum lagi kerjaan Melayu seperti Siak yang bangunannya dipengaruhi oleh arsitektur Timur Tengah dan Eropa. Gaya arsitektur di Bumi Lancang Kuning ini lebih berwarna lagi dengan adanya kerajaan-kerajaan kecil yang tersebar di seluruh aliran Sungai yang ada di daratan Riau (Sungai Rokan, Siak, Kuantan dan Indragiri).

Sesuai dengan perkembangan teknologi kini, bangunan yang ada di Riau pun berkembang. Gaya, arsitektur lama yang sarat dengan nilai-nilai budaya berpadu dengan canggihnya teknologi. Di bawah ini kami tampilkan beberapa bangunan megah dan bersejarah yang ada di Riau, baik bangunan yang memiliki nilai sejarah atau bangunan tua mapun bangunan megah yang dibangun pada masa kini.

Bangunan - Bangunan Bersejarah:

Rumah Adat Riau
Arsitektur rumah adat daerah

Balai Adat Riau
Bangunan kerapatan adat Melayu

Monumen Lokomotif Pekanbaru
Monumen Lokomotif dibangun untuk memperingati sejarahnya. Terletak di lokasi taman pemakaman Simpang Tiga Pekanbaru, monumen ini tidaklah menonjolkan keindahannya melainkan menggambarkan perjuangan rakyat Riau yang telah susah payah membangun rel-nya, namun hanya beroperasi sekali dan kini menjelma menjadi monumen tua dan satu-satunya monumen di Pekanbaru.

Museum Sang Nila Utama dan Dekranasda
Pada bangunan ini terdapat museum budaya dan barang-barang seni yang antik dan bernilai sejarah.

Arena Purna MTQ
Walau bukti sejarah itu kini hanya tinggal pintu gerbangnya saja, tempat pelaksanaan MTQ XII (Nasional) ini layak disebut "lokasi" bersejarah.

Arena Purna MTQ ke-17 Pekanbaru memang bukan lokasi tujuan wisata di Riau tapi Anda bisa lihat setiap sore dan hari-hari libur tempat ini selalu ramai didatangi oleh warga kota. Belum lagi disana ada Anjungan Seni Indrus Tintin yang megah, hingga membuat komplek ini (Bandar Serai) menjelma bak sebuah objek Wisata.

Candi Muara Takus
Kompleks candi ini terletak di desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar atau jaraknya kurang lebih 135 kilometer dari Kota Pekanbaru. Jarak antara kompleks candi ini dengan pusat desa Muara Takus sekitar 2,5 kilometer dan tak jauh dari pinggir sungai Kampar Kanan. Sejak dulu candi Muara Takus merupakan objek wisata andalan di Riau.

Agung An-Nur Tempo Dulu
Ini-lah informasi dan foto Masjid Agung Annur sebelum semegah sekarang, yang layak dijadikan dokumentasi sejarah.

Masjid Raya dan Makam Marhum Bukit
Masjid ini memang tidak megah namun merupakan tujuan wisata sejarah di kota Pekanbaru, di Masjid Raya ini terdapat makam Marhum Bukit yang sering dikunjungi wisatawan.


Banguna - Bangunan Megah Megah:

Mesjid Agung Annur Riau
Mencari Masjid termegah di Riau, Anda akan menemukan Masjid Agung An-nur. Selain memiliki daya tarik wisata rohani, masjid ini hapir tak pernah sepi dari pengunjung, baik mereka yang ingin menikmati hotspot gratis hingga hanya untuk berfoto dan berolahraga sore di halaman masjid yang cukup luas ini.

Anjungan Seni Idrus Tintin Riau
Bangunan Seni dan Budaya termegah dan terindah yang pernah ada di Bumi Lancang Kuning. Kini menjadi salah satu landmark Provinsi Riau. Anjungan Seni Idrus Tintin berdiri kokph di Arena Purna MTQ Jalan Sudirman Pekanbaru merupakan salah satu wonder building di Pekanbaru. Dengan bangunan berciri khas melayu Riau, Anjungan Seni Idrus Tintin ini lebih mirip Istana dari pada tempat pertunjukan seni.

Pustaka Wilayah Riau, Soeman HS
Pustaka Wilayah Riau atau juga dikenal dengan pustaka Soeman HS (nama seorang sastrawan legendaris dari Riau) merupakan pustaka termegah di Riau dan meruapakan salah satu landmark Provinsi Riau. Walau tidak bisa dijadikan sebagai objek wisata, namun Pustaka Soeman HS sangat layak dikunjungi dan menjadi salah tujuan tamu dari luar daerah. Dengan arsitektur menawan Bangunan ini sengaja dibangun berbentuk Buku yang sedang terbuka.

Jembatan Siak Sri Agung Sultanah Latifah
Jembatan Siak- jembatan yang paling megah dan indah yang ada di Riau - selain membuat arus transportasi lancar juga berhasil menyedot wisatawan ke negeri Sultan Syarif Kasim itu. Kita Jembatan Siak seperti menjelma sebagai jembatan tujuan Wisata di Siak, Riau.

Islamic Center Bangkinang - ICB
Bangunan Masjid arsitektur Modern, Kampar

Masjid Raya Taluk Kuantan
Bangunan Masjid Megah Kuansing

Ada bangunan megah, unik dan bersejarah di daerah Anda yang belum dipublikasikan disini?. Dan Anda merasa bangunan tersebut (boleh jembatan, masjid, candi, istana dll) layak dijadikan tujuan kunjungan wisata, untuk diteliti dan sangat potensial bagi daerah Anda di Provinsi Riau ini? Atau punya ide lain? Silakan Kirim tulisan dan fotonya ke E-mail ini atau Disini.

Copyright @ 2007 - 2012 PekanbaruRiau.Com , All Rights Reserved -